Sabtu, 03 September 2022

MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS SMAN 21 GOWA

MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA  POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS SMAN 21 GOWA


A. LATAR BELAKANG

Budaya positif adalah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab.Miskinnya nilai-nilai budaya positif sebagian besar murid dan keragaman budaya yang berbeda-beda karena adanya perbedaan lingkungan sehingga guru berperang besar dalam pembentukan karakter yang memiliki budaya potif. Setiap murid memiliki bakat dan minat yang bereda sehingga guru mampu memberikan tuntunan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

B. TUJUAN

1. Menumbuhkan budaya positif melalui kesepakatan kelas

2. Mengimplementasikan kesepakatan kelas untuk menciptakan suasana belajar yang bahagia


C. TOLAK UKUR

1. Murid mampu membuat kesepakatan kelas yang akan ditempel didinding

2. Murid mampu melaksankan kesepakatan kelas secara mandiri

3. Murid mampu menjaga dan melestarikan keyakinan kelas secara terus menerus


D. LINIMASA TINDAKAN KELAS

1. Meminta izin kepada kepalasekolah untuk melakasanakan sosialisasi tentang budaya positif

2. Menyampaikan jadwal dan kesedian rekan guru dan kepala sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi budaya positif

3. Melaksanakan sosialisasi budaya positif yang melibatkan rekan guru dan kepalasekolah

4. Melakukan aksi nyata dengan membuat kesepakatan kelas yang dimelibatkan murid dan guru.

5. Melakukan survai atas keberhasilan kesepakatan kelas


E.DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN


1. Semua komunitas sekolah bersedia menjadi teladan bagi murid dalam menciptakan budaya positif

2.Semua komunitas sekolah berkolaborasi untuk menumbuhkan budaya positif

3. Orangtua murid dan murid membiasakan penerapan budaya positif

4. Murid yang menjadi tujuan penerapan budaya positif


F. DESKRIPSI AKSI NYATA

Aksi nyata yang saya buat adalah membuat kesepakatan kelas dan mensosialisasikan materi budaya positif terhadap rekan guru.Sebelum melakukan kesepakatan kelas yang melibatkan murid dan sosialisasi yang melibatkan rekan guru maka terlebih dahulu saya minta izin kepada bapak kepalasekolah. kemudian menyampaikan jadwal pelaksanaan sosialisasi terhadap rekan guru. Sebagai calon guru penggerak saya berkolaborasi bersama bapak kepala sekolah dan rekan guru untuk mewujudkan murid yang terus berkembang kearah yang lebih positif.


G.  HASIL PENERAPAN BUDAYA POSITIF

"Setelah melakukan sosialisasi kepada tekan guru mereka bersedia berkolaborasi untuk menumbuhkan budaya positif dan memberi dukungan untuk tetap semangat dalam mengikuti pendidikan Guru penggerak

Setelah membuat keyakinan kelas murid merasa lebih terarah, dapat memahami saling menghargai, bertanggungjawab dan menjujung tinggi nilai kedisiplinan.



DOKUMENTASI

Gambar 1 kordinasi dengan kepala sekolah



Gambar 2  Sosialisasi bersama rekan guru tentang penerapan budaya positif




Gambar 3 Guru dan murid membuat keyakinan kelas











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBIJAKAN SEBAGAI PEMIMPIN

  KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBIJAKAN SEBAGAI PEMIMPIN  Ki Hadjar Dewantara dengan pratap Tr...